Dua Tahun Tertunda, Jakarta Fair Kembali Digelar Juni 2022

22 Mei 2022

foto artikel

Pekan Raya Jakarta (Antara News/Sigid Kurniawan)

Pekan Raya Jakarta (PRJ), atau juga dikenal sebagai Jakarta Fair, dikabarkan akan kembali digelar Juni ini, setelah vakum dua tahun akibat masa pandemi COVID-19. Sebuah penantian yang panjang!

PRJ adalah pameran tahunan bertaraf internasional yang menjadi media untuk promosi sekaligus hiburan. Sama seperti kegiatan pameran pada umumnya, PRJ memamerkan banyak produk-produk, baik perdagangan, maupun industri. Selain untuk hiburan dan bisnis, PRJ juga diadakan dalam rangka meramaikan hari ulang tahun (HUT) DKI Jakarta sehingga diadakan bertepatan dengan bulan ulang tahun DKI Jakarta

Kegiatan pemeran PRJ ini pertama kali diadakan pada1968, pada masa kepemimpinan Gubernur Ali Sadikin. Pameran ini diadakan sebagai upaya untuk memenuhi sarana hiburan yang murah dan dapat dijangkau seluruh golongan masyarakat. Pada dasarnya, bagi masyarakat yang kelas ekonominya tinggi, mendapatkan hiburan yang beragam merupakan hal yang mudah, sementara bagi masyarakat dengan kelas ekonomi menengah ataupun rendah hal tersebut merupakan hal yang sulit untuk didapatkan.

Sayangnya, tradisi menghadiri PRJ setiap tahun sempat hilang dari masyarakat selama dua tahun. Pada 2020 lalu saat virus Covid-19 mulai masuk dan mewabah di Indonesia, kondisi terlalu berisiko pada saat itu sehingga harus ditiadakan dahulu. Pada saat itu, keputusan tersebut harus dilakukan pihak PRJ untuk mengikuti arahan dan instrusi pemerintah.

Namun, setelah hampir tiga tahun lamanya hampa, PRJ akan kembali dibuka tahun ini. Tentunya, para masyarakat sekitar akan sangat semangat untuk mengikuti tradisi pameran yang telah vakum dua tahun ke belakang. Ditambah lagi, PRJ selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Hal tersebut juga akan menjadi faktor penarik perhatian para pengunjung.

Tahun ini, PRJ akan mengadakan konser musik yang dihadiri oleh para pemusik ternama Indonesia. Selain itu, juga terdapat hiburan dan pameran lain untuk memeriahkan acara ini. Kira-kira seperti itulah bayangan dari keseruan PRJ. Menurut situs resmi Jakarta Fair, yaitu exhibition.jiexpo.com, pameran ini akan digelar pada 9 Juni–17 Juli 2022 di Arena JIEXPO Kemayoran.

Untuk informasi harga tiket, berikut jadwal dan harga masuk Jakarta Fair 2022:


Harga Tiket
  1. Senin: Rp20.000,00
  2. Selasa–Kamis: Rp25.000,00
  3. Jumat–Minggu: Rp30.000,00
  4. Hari Libur: Rp30.000,00
  5. Lansia > 60 tahun: GRATIS
Jadwal Buka
  1. Senin–Kamis: 15.30–22.00 WIB
  2. Jumat: 15.30–23.00 WIB
  3. Sabtu & Minggu: 10.00–23.00 WIB
  4. Hari Libur: 10.00–23.00 WIB

~

Penulis: Jordy Rivaldo

Sumber: Detik, Kumparan, BPK Penabur, Media Indonesia, dan artikel Jakarta fair dan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun 1968–1975.